Minggu, 05 Maret 2017

Hakikat Puisi, Tujuan dan Manfaatnya

Assalamualaikum warahmatullah...
     Hay teman-teman, kali ini saya akan menulis tentang hakikat puisi, tujuan dan manfaatnya. Tetapi, sebelumnya saya akan menceritakan bagaimana saya mengenal puisi. Jadi, baca sampai selesai ya 😆.
     Mungkin saya mengenal puisi untuk pertama kali ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Kenapa saya mengatakan 'mungkin'? Karena saya tak terlalu ingat pada waktu itu. Ingatan saya memang sedikit lemah, tetapi... lupakan saja. Oke, setelah lulus SD, pastinya saya menempuh sekolah menengah pertama. Sudah jelas, pasti di SMP, puisi di ajarkan lebih intens dibandingkan di sekolah dasar. Tetapi, di kelas 7 dan 8 saya masih belum tertarik.
     Ketika kelas 9, saya mulai tertarik pada puisi. Itu pun akibat pelajaran Bahasa Indonesia yang menuntut membuat musikalisasi puisi. Dari situlah, saya mulai mencari-cari puisi. Dan, puisi favorit saya sampai sekarang adalah karya Hartoyo Andangjaya yang berjudul dari seorang guru kepada murid-muridnya.
*Apakah yang kupunya anak-anakku
*Selain buku-buku dan sedikit ilmu
     Diatas merupakan sedikit penggalan puisi karya Hartoyo Andangjaya. Saya menemukan puisi tersebut di buku bekas pelajaran Bahasa Indonesia milik kakak saya. Dan puisi tersebut saya jadikan bahan untuk musikalisasi.
     Demikian cerita perkenalan saya dengan puisi. Semoga kalian menikmatinya 😁
     Di bawah ini merupakan hakikat, tujuan dan manfaat puisi.

A. HAKIKAT PUISI
     Puisi adalah karya sastra yang dipadatkan dan dipersingkat. Hakikat puisi adalah karya sastra yang ditulis oleh penulisnya sebagai ungkapan atau curahan hati.

B. TUJUAN DAN MANFAAT PUISI
     Sebagai karya sastra puisi mempunyai banyak manfaat. Manfaat tersebut telah dirasakan manusia jauh sebelumnya. Karena itu dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut tujuan dan manfaat puisi :
     a. Sebagai media dalam mengungkapkan pikiran.
     b. Untuk menyampaikan kritik sosial.
     c. Sebagai bahan untuk pembelajaran.
     d. Sebagai media untuk mengembangkan kreativitas.
     e. Memberikan motivasi.
     f. Dapat melatih diri berimajinasi.
     g. Dapat menjadi arahan dalam membentuk kepribadian.

Referensi materi :
puisi-rickaqiel23.blogspot.com
annisa-fadilla.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar